kenapa tangan sering kesemutan

Seperti kita tahu kesemutan adalah sensasi mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Tidak jarang juga kesemutan juga memiliki sensasi seperti rasa geli bahkan tertusuk-tusuk. Secara sederhana gejala seperti tangan kesemutan ini terjadi akibat aliran darah yang menuju sistem saraf mengalami gangguan.

Apabila kalian sering mengalami tangan kesemutan, bisa jadi hal tersebut menjadi gejala dari suatu penyakit yang disebut dengan neuropati. Neuropati sendiri adalah suatu gangguan yang terjadi karena sistem saraf kita mengalami cedera maupun terinfeksi suatu penyakit.

Ketika mengalami sakit ini fungsi tubuh pun juga akan terpengaruh. Banyak orang yang mengabaikan sakit neuropati ini. Padahal neuropati ini bisa menyerang siapapun tidak hanya orang tua namun juga anak muda. Meski seringkali yang mengalami penyakit neuropati ini adalah orang tua berusia lanjut.

Kita perlu memahami apa saja cara untuk mencegah penyakit ini. Hal ini agar membuat kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan kita bisa menjalankan aktivitas kita setiap harinya dengan lancar.

Pencegahan Neuropati

Pencegahan neuropati adalah upaya untuk menghindarkan diri kita dan keluarga tersayang kita dari faktor yang bisa menambah buruk keadaan sistem saraf pada tubuh. Terdapat banyak faktor risiko dari neuropati mulai dari diabetes, trauma hingga penyakit autoimun.

Untuk itu mencegah neuropati juga bisa dilakukan dengan mengontrol kadar gula darah kita. Terlebih lagi apabila kita telah didiagnosis secara medis mengalami diabetes kita perlu lebih ketat menghindari makanan yang manis. Hal ini bisa membantu untuk menghindari keadaan yang lebih parah.

Cukupi Kebutuhan Vitamin B Kompleks

Tubuh kita memerlukan vitamin untuk proses metabolisme tubuh. Untuk mendapatkan vitamin b kompleks kita bisa mengkonsumsi makanan seperti daging, ikan, telur dan juga makanan yang rendah lemak Namun tinggi akan serat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin b kompleks kita bisa terhindar dari kekurangan nutrisi sehingga dengan begitu penyakit neuropati bisa lebih mudah untuk dihindari. Produk kesehatan seperti Neurobion juga bisa kita konsumsi untuk menambah asupan vitamin B.

Olahraga Secara Rutin

Aktivitas fisik merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Kita perlu mengurangi interaksi kita dengan gadget dan memilih untuk beraktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Kita perlu meregangkan otot-otot pada tubuh kita dengan olahraga ringan.

Hal ini penting dilakukan karena neuropati bisa muncul karena aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang tanpa ada gerakan lain. Aktivitas seperti duduk yang terlalu lama atau juga tangan yang melakukan aktivitas berat secara berulang-ulang perlu diimbangi dengan sejenak melakukan peregangan otot.

Stop Konsumsi Alkohol

Ketika muncul gejala awal seperti tangan kesemutan sebaiknya kita benar-benar menghindari minuman beralkohol. Tidak hanya alkohol sebaiknya kita juga mengurangi rokok bahkan menjauhi asap rokok sebisa mungkin.

Lakukan Fisioterapi

Untuk langkah ini sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Namun langkah ini adalah langkah yang bisa diambil ketika kita mengalami keluhan yang semakin parah.

Kini kebingungan kita tentang kenapa tangan sering kesemutan telah terjawab. Meski neuropati merupakan penyakit yang berbahaya namun hal tersebut bisa kita cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

List Blog Keren Rajabacklink