apa itu beasiswa Indonesia Maju

Bagi siswa-siswi SMA/sederajat yang sudah mau lanjut ke jenjang kuliah, bisa mencoba Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Beasiswa Indonesia Maju merupakan program beasiswa S1 dan S2 dari Kemendikbud Ristek yang diberikan kepada lulusan berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Dua program utama beasiswa ini antara lain, yang pertama adalah program beasiswa gelar atau degree berupa beasiswa S1 dan S2, baik di dalam maupun di luar negeri. Dan, yang kedua adalah program beasiswa non-gelar atau non-degree yang tersedia dalam program persiapan S1 ke luar negeri.

Program Beasiswa Indonesia Maju memiliki beberapa bidang berprestasi yang melibatkan di antaranya sains, riset, teknologi dan inovasi. Ada pula bidang seni, bahasa, literasi, olahraga, kesehatan jasmani hingga bidang vokasi serta kewirausahaan tingkat nasional maupun internasional bisa mengikuti beasiswa tersebut.

Cara Daftar Beasiswa Indonesia Maju (BIM)

Setelah mengetahui apa itu program Beasiswa Indonesia Maju, berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar. Adapun persyaratan lengkapnya ialah sebagai berikut:

  • Menyertakan identitas diri.
  • Transkrip nilai rapor kelas X semester 1 hingga semester terbaru di kelas XI.
  • Menyerahkan salinan bukti prestasi atau sertifikat berupa prestasi pada ajang/perlombaan yang diselenggarakan dan dikeluarkan oleh Puspresnas.
  • Salinan tes bahasa Inggris, yakni hasil sertifikat tes resmi berupa TOEFL dan IELTS.
  • Salinan hasil sertifikat bahasa asing lainnya yang sesuai dengan negara tujuan studi di luar bahasa Inggris (opsional).
  • Surat pernyataan kesanggupan untuk mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju lengkap dengan materai Rp 10.000 serta persetujuan orang tua yang juga bermaterai dan sudah ditandatangani.
  • Mengumpulkan formulir pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju atau esai dalam format bahasa Inggris.

Cakupan Beasiswa Indonesia MajuĀ 

Untuk program Beasiswa Indonesia Maju S1 Luar Negeri, ada beberapa hal yang akan dicakup dalam program ini. Beberapa di antaranya termasuk biaya kursus persiapan tes SAT/ACT, biaya tes SAT/ACT, biaya kursus dan biaya tes TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya serta biaya program pengayaan non-akademik.

Tidak hanya itu saja, program beasiswa ini juga memberikan biaya layanan konseling dan aplikasi pendaftaran ke universitas luar negeri. Secara khusus, BIM akan memberikan pembiayaan di luar biaya pendidikan. Dana untuk pembiayaan pendidikan sendiri meliputi pendaftaran SPP, tunjangan buku serta bantuan tesis.

Di luar itu, akan dana pendukung seperti transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, kedatangan luar negeri, hidup bulanan dan keadaan darurat. Untuk mengetahui program Beasiswa Indonesia Maju S2 yang lebih lengkap, bisa kunjungi laman schoters.com.

Schoters juga menyediakan program bimbingan persiapan beasiswa yang didampingi langsung oleh konsultan expert. Jangan lupa cek kalender beasiswa schoters untuk mengetahui informasi beasiswa lainnya. Semoga bermanfaat, ya!